Jumat, 09 Mei 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        :  MI Nuruddinil Islam
Kelas/Semester            :  V / 2
Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah pertemuan       : 2 x Pertemuan


Standart Kompetensi  :   5.Memahami hubungan antara gaya, gerak dan energi serta fungsinya
Kompetensi Dasar      :    5.1 Mendiskripsikan hubungan antara gaya gerak dan energi melalui    percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)

A.  Indikator           :
1.      Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dan kegunaannya
2.      Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda    melalui percobaan
3.      Memberikan comtoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
4.      Mengidentifikasi cara-cara membuat magnet

B.  Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang magnetis dan yang tidak magnetis
  2. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat magnet.
  3. Siswa dapat menggunakan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Siswa dapat menjelaskan perbedaan benda magnetis dan benda non magnetis
  5. Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk magnet
  6. Siswa dapat menyebutkan kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari
  7. Siswa dapat menyebutkan cara-cara membuat magnet

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
                                                Rasa hormat dan perhatian ( respect )
                                                Tekun ( diligence )
                                                Tanggung jawab ( responsibility )
                                                Ketelitian ( carefulness)

C.  Materi Pembelajaran

    Gaya magnet

RINGKASAN MATERI
          - Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh daya tarik magnet
  - Magnet pertama kali ditemukan oleh seorang penggembala dari Magnesia yang  bernama Magnus
- Sifat-sifat magnet antara lain :
1.mempunyai dua kutub yaitu utara dan selatan
2.mempunyai gaya tarik dan gaya tolakterhadap benda tertentu
3. dapat menembus benda tertentu
4. kekuatan gaya magnet berada dibagian ujung-ujungnya
  - Benda magnetis adalah benda- yang dapat ditarik oleh magnet, contoh : besi , baja
  - Benda paramagnetis adalah benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet , contoh : kayu, plastik, kain dll
- Bentuk-bentuk magnet :
 1. magnet batang                      4. magnet U
2. magnet silinder/tabung          5. magnet ladam/tapal kuda
3. magnet jarum                                      
- Cara-cara membuat magnet :
1. cara induksi , yaitu dengan mendekatkan atau menempelkan besi pada magnet
2. cara menggosok , yaitu  dengan menggosok benda yang akan dijadikan magnet dengan magnet
3. cara elektromagnet / dialiri arus listrik, yaitu dengan mengaliri arus listrik pada benda yang akan dijadikan magnet.
- magnet digunakan dalam beberapa alat seperti : dinamo, speaker,alarm,mikrofon, dll.
D. Alokasi  Waktu
      5 x 35 menit

E.  Metode Pembelajaran
-          Eksperimen
-          Penugasan / resitasi
-          Tanya jawab

F.   Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1 ( 2x 35 menit )
a.         Kegiatan pendahuluan ( 10 menit )
Apersepsi dan motivasi :
-       Salam,doa,  presensi
-       Guru memberikan pertanyaan seputar magnet.
-       Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dan memberi tugas pada setiap kelompok.

b.         Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi :
-       memberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai gaya  magnet dan sifat-sifatnya.
-       Mendiskusikan materi bersama siswa .
-       Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi mengenai gaya magnet yang berhubungan dengan penyelesaian suatu soal.
-       Melibatkan peserta didik  dalam  membahas materi sifat sifat magnet.
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-       Siswa memahami peta konsep tentang gaya magnet
-       Memfasilitasi peserta didik dengan pemberian tugas tertentu



.


Elaborasi :
-       Siswa mengerjakan tugas berdasarkan materi yang ada dibuku teks
-       Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat magnet
-       Siswa mengidentifikasi benda – benda yang bersifat magnetis dan benda tidak magnetis
-       Siswa membuat percobaan dua kutub magnet senama di dekatkan, kutub yang tidak sama di dekatkan
-       Siswa membuat percobaan bahwa magnet dapat menembus benda-benda tertentu

  Konfirmasi :
-       Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
-       Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik melalui sumber buku lain.
-       Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan
-       Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi gaya magnet.
c.          Kegiatan penutup ( 10 menit )
-       Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai materi sifat-sifat magnet.
-       Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
-       Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi gaya magnet dan mengerjakan  soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas .
-       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan ke-2 ( 3 x 35 menit )
a.    Kegiatan pendahuluan ( 10 menit )
Apersepsi dan motivasi :
-       Salam,doa presensi
-       Guru memberikan pertanyaan seputar magnet.
-       Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dan memberi tugas pada setiap kelompok.

b.      Kegiatan Inti ( 85 menit )
Eksplorasi :
-       Guru mengulang kembali materi yang sebelumnya.
-       memberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai macam-macam bentuk magnet dan kegunaan magnet serta cara-cara membuat magnet.
-       Mendiskusikan materi bersama siswa .
-       Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai macam-macam bentuk magnet  dan kegunaannya.
-       Melibatkan peserta didik  dalam  membahas materi bentuk-bentuk magnet.
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-       Siswa memahami peta konsep tentang gaya magnet
-       Memfasilitasi peserta didik dengan pemberian tugas tertentu

Elaborasi :
-       Siswa mengerjakan tugas berdasarkan materi yang ada dibuku teks
-       Siswa mengidentifikasi benda – benda yang bersifat magnetis dan benda tidak magnetis
-       Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat magnet
-       Siswa membuat percobaan dua kutub magnet senama di dekatkan, kutub yang tidak sama di dekatkan
-       Siswa membuat percobaan bahwa magnet dapat menembus benda-benda tertentu

Konfirmasi :
-       Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
-       Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik melalui sumber buku lain.
-       Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan
-       Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi gaya magnet..
c.       Kegiatan penutup
-       Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai materi cara-cara membuat  magnet.
-       Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
-       Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi gaya magnet dan mengerjakan  soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas .
-       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Penilaian:
-       Pre tes
-       Post tes
-       Pengamatan
-       Tes tulis

·      Soal Pretest
Pertemuan ke – 1
No
Contoh instrumen
Kunci Jawaban
Skor
1
Siapa nama orang yang menemukan magnet
Magnus
30
2
Dimanakah magnet pertamakali ditemukan ?
Magnesia
30
3
Sebutkan macam-macam magnet
Magnet alam dan magnet buatan
40

·      Soal Pos test
Pertemuan ke – 1
No
Contoh instrumen
Kunci Jawaban
Skor
1
Apaperbedaan benda magnetis dan benda non magnetis.
-Benda magnetis :benda  yang dapat ditarik oleh magnet
- Benda nonmagnetis : benda yang tidak dapat ditarik olrh magnet.
30
2
Sebutkan sifat-sifat magnet
- Mempunyai 2 kutub
- Dapat menarik benda-benda tertentu
-Dapat menembus benda-benda  tertentu
40
3
Sebutkan 3 contoh benda yang dapat ditembus oleh magnet !
Kertas, triplek, kaca
30

Nilai  =  Jmlh skor yang diperoleh  x 100
              Jmlh skor maksimal


·      Soal Pretest
Pertemuan ke – 2
No
Contoh instrumen
Kunci Jawaban
Skor
1
Buatlah gambar magnet batang dan magnet jarum
30
2
Sebutkan 3 cara membuat magnet
- Induksi
- Gosokan
   - Elektromagnet
30
3
Sebutkan 2 contoh peralatan yang menggunakan magnet !
-Tutup kotak pensil
-Dinamo sepeda
40



·      Soal Pos test
Pertemuan ke – 2
No
Contoh instrumen
Kunci Jawaban
Skor
1
Sebutkan macam-macam bentuk magnet buatan
Magnet batang, jarum, magnet ladam, magnet U, magnet silinder.
30
2
Apa yang dimaksud dengan elektromagnet dalam pembuatan magnet ?
Membuat magnet dengan cara mengaliri arus listrik.
30
3
Sebutkan 4 contoh alat yang menggunakan magnet
Speaker, dinamo sepeda, mikrofon, pengait tutup kotak pensil.
40

Nilai  =  Jmlh skor yang diperoleh  x 100
              Jmlh skor maksimal
           
·      Penilaian individu
Teknik             : tes tulis
Bentuk             :  uraian
Contoh Instrumen
NO
SOAL
BOBOT
SKOR
NILAI
1
Sebutkan sifat-sifat magnet
20


2
Jelaskan arti dari benda magnetis dan benda non magnetis
20


3
Buatlah gambar macam-macam bentuk magnet alam.
20


4
Sebutkan 3 cara membuat magnet
20


5
Sebutkan 3 alat yang menggunakan magnet
20


Jumlah
100








Kunci Jawaban
1.        Mempunyai 2 kutub
       Dapat menarik benda-benda tertentu
       Dapat menembus benda-benda tertentu
2.        Benda magnetis adalah benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet
       Benda non magnetis adalah benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet
3.   Bentuk-bentuk magnet
                    a. Magnet batang
b.    Magnet silinder / tabung
c.Magnet silinder / tabung
d.   Magnet U
e.Magnet ladam / tapal kuda

4. - Induksi
     - Gosokan
        - elektromagnet
5. Speaker, dinamo sepeda, mikrofon, pengait tutup pensil.


 Nilai  =  Jumlah skor yang diperoleh  X 100
                      jumlah skor maksimal

·   Penilaian kelompok ( diskusi )
Instrument evaluasi :
-       Jelaskan secara singkat urutan membuat magnet dengan cara :
a.       Induksi
b.      Gosokan
c.       Elektromagnet
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek Yang Dinilai
Kualitatif
Kuantitatif
1.      Kemampuan mengidentifikasi masalah


2.      Kemampuan merumuskan masalah


3.      Kemampuan menganalisis masalah


4.      Kemampuan memecahkan masalah


5.      Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain


6.      Keaktifan




Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
 Memuaskan
4
> 80
 Baik
3
68 - 79
 Cukup
2
56 - 67
 Kurang
1
< 55

H.  Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

a.       Media Pembelajaran
- Magnet
- Gambar bentuk-bentuk  magnet
- Benda-benda yang dapat ditolak dan ditarik magnet (paku, plastik, dll)

      b. Sumber belajar
- Rahmat , dkk. 2004. Sains kelas 5 SD. Bandung. Ganeca Exact
    - Departemen Agama. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Umum Tingkat Sekolah Dasar [ SD] dan Madrasah Ibtidaiyah [MI]. Surabaya : Departeman Agama Propinsi Jawa Timur
- Tim KKMI / KKG MI Kabupaten Madiun.2012. Lembar Uji kompetensi Umum Kelas 5 SD. Madiun.
- Haryanto, 2007.SAINS  V SD.Jakarta.Penerbit Erlangga
- Sri Harmi, 2008.Lebih Akrab Dengan IPA 5.Solo.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
                      - S Rositawaty. 2008. Senang Belajar IPA 5 Untuk Kelas 5 SD. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.









Mengetahui                                                                         Madiun,07 Januari 2014
Kepala Madrasah                                                               Guru Mata Pelajaran



Ma’ruf Ahmadi , S.Pd.I                                                       Ulis Wawinarti , S.Si
NIP. 197202231996031001


Tidak ada komentar:

Posting Komentar