RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MI Nuruddinil Islam
Kelas/Semester : V / 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah
pertemuan : 2 x Pertemuan
Standart Kompetensi : 5.Memahami hubungan antara gaya, gerak dan energi serta fungsinya
Kompetensi Dasar : 5.1 Mendiskripsikan hubungan antara gaya gerak
dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
A. Indikator :
1. Mengidentifikasi
sifat-sifat magnet dan kegunaannya
2. Menunjukkan kekuatan
gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan
3. Memberikan comtoh
penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
4. Mengidentifikasi cara-cara
membuat magnet
B. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa
dapat mengelompokkan benda-benda yang magnetis dan yang tidak magnetis
- Siswa
dapat menyebutkan sifat-sifat magnet.
- Siswa
dapat menggunakan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
- Siswa dapat menjelaskan perbedaan benda magnetis dan benda non
magnetis
- Siswa
dapat menyebutkan bentuk-bentuk magnet
- Siswa
dapat menyebutkan kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat menyebutkan cara-cara membuat magnet
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
C. Materi Pembelajaran
Gaya magnet
RINGKASAN MATERI
- Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan
oleh daya tarik magnet
- Magnet pertama kali ditemukan oleh seorang penggembala dari Magnesia yang
bernama Magnus
- Sifat-sifat magnet antara lain :
1.mempunyai dua kutub yaitu utara dan
selatan
2.mempunyai gaya tarik dan gaya
tolakterhadap benda tertentu
3. dapat menembus benda tertentu
4. kekuatan gaya magnet berada dibagian
ujung-ujungnya
- Benda magnetis adalah benda- yang dapat ditarik oleh magnet, contoh :
besi , baja
- Benda paramagnetis adalah benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet ,
contoh : kayu, plastik, kain dll
- Bentuk-bentuk magnet :
1. magnet batang 4. magnet U
2. magnet silinder/tabung 5. magnet ladam/tapal kuda
3. magnet jarum
- Cara-cara membuat magnet :
1. cara induksi , yaitu dengan mendekatkan
atau menempelkan besi pada magnet
2. cara menggosok , yaitu dengan menggosok benda yang akan dijadikan
magnet dengan magnet
3. cara elektromagnet / dialiri arus
listrik, yaitu dengan mengaliri arus listrik pada benda yang akan dijadikan
magnet.
- magnet digunakan dalam beberapa alat seperti :
dinamo, speaker,alarm,mikrofon, dll.
D. Alokasi Waktu
5 x
35 menit
E.
Metode Pembelajaran
-
Eksperimen
-
Penugasan / resitasi
-
Tanya jawab
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1 ( 2x 35 menit )
a.
Kegiatan pendahuluan ( 10 menit )
Apersepsi
dan motivasi :
- Salam,doa, presensi
- Guru memberikan
pertanyaan seputar magnet.
- Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dan memberi tugas pada setiap kelompok.
b.
Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
:
-
memberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai gaya
magnet dan sifat-sifatnya.
-
Mendiskusikan materi bersama siswa .
-
Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi mengenai gaya magnet yang berhubungan dengan penyelesaian suatu soal.
-
Melibatkan peserta didik dalam membahas materi sifat sifat magnet.
- Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
- Siswa memahami peta konsep
tentang gaya magnet
- Memfasilitasi peserta didik
dengan pemberian tugas tertentu
.
Elaborasi :
- Siswa mengerjakan tugas
berdasarkan materi yang ada dibuku teks
- Siswa dapat
menyebutkan sifat-sifat magnet
- Siswa mengidentifikasi benda – benda yang
bersifat magnetis dan benda tidak magnetis
- Siswa membuat percobaan
dua kutub magnet senama di dekatkan, kutub yang tidak sama di dekatkan
- Siswa membuat
percobaan bahwa magnet dapat menembus benda-benda tertentu
Konfirmasi
:
- Memberikan
umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada
peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
- Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik
melalui sumber buku lain.
- Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan
- Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi gaya magnet.
c.
Kegiatan penutup ( 10 menit )
-
Peserta didik
membuat rangkuman dari materi mengenai materi sifat-sifat magnet.
- Peserta didik dan guru
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
- Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi gaya magnet dan mengerjakan soal-soal latihan
yang belum terselesaikan di kelas .
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan ke-2 ( 3 x 35 menit )
a. Kegiatan
pendahuluan ( 10 menit )
Apersepsi
dan motivasi :
- Salam,doa presensi
- Guru memberikan
pertanyaan seputar magnet.
- Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dan memberi tugas pada setiap kelompok.
b. Kegiatan
Inti ( 85 menit )
Eksplorasi
:
-
Guru mengulang kembali materi yang sebelumnya.
-
memberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai macam-macam bentuk magnet dan kegunaan
magnet serta cara-cara membuat magnet.
-
Mendiskusikan materi bersama siswa .
-
Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan mengenai macam-macam bentuk magnet dan kegunaannya.
-
Melibatkan peserta didik dalam membahas materi bentuk-bentuk magnet.
- Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
- Siswa memahami peta konsep
tentang gaya magnet
- Memfasilitasi peserta didik
dengan pemberian tugas tertentu
Elaborasi :
-
Siswa mengerjakan tugas berdasarkan
materi yang ada dibuku teks
-
Siswa mengidentifikasi benda – benda
yang bersifat magnetis dan benda tidak magnetis
-
Siswa dapat
menyebutkan sifat-sifat magnet
-
Siswa membuat
percobaan dua kutub magnet senama di dekatkan, kutub yang tidak sama di
dekatkan
-
Siswa membuat percobaan bahwa magnet dapat menembus
benda-benda tertentu
Konfirmasi :
- Memberikan
umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada
peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
- Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik
melalui sumber buku lain.
- Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan
- Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi gaya magnet..
c.
Kegiatan
penutup
- Peserta
didik membuat rangkuman dari materi mengenai materi cara-cara membuat magnet.
- Peserta
didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
- Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi gaya magnet dan
mengerjakan soal-soal latihan yang belum terselesaikan di
kelas .
- Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Penilaian:
-
Pre tes
-
Post tes
-
Pengamatan
-
Tes tulis
·
Soal Pretest
Pertemuan ke – 1
No
|
Contoh instrumen
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Siapa nama orang yang menemukan
magnet
|
Magnus
|
30
|
2
|
Dimanakah magnet pertamakali
ditemukan ?
|
Magnesia
|
30
|
3
|
Sebutkan macam-macam magnet
|
Magnet alam dan magnet buatan
|
40
|
·
Soal Pos test
Pertemuan ke – 1
No
|
Contoh instrumen
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Apaperbedaan benda magnetis dan
benda non magnetis.
|
-Benda magnetis :benda yang dapat ditarik oleh magnet
- Benda nonmagnetis : benda yang
tidak dapat ditarik olrh magnet.
|
30
|
2
|
Sebutkan sifat-sifat magnet
|
- Mempunyai 2
kutub
- Dapat menarik benda-benda
tertentu
-Dapat menembus
benda-benda tertentu
|
40
|
3
|
Sebutkan 3 contoh benda yang dapat
ditembus oleh magnet !
|
Kertas, triplek, kaca
|
30
|
Nilai
= Jmlh skor yang diperoleh x 100
Jmlh skor maksimal
·
Soal Pretest
Pertemuan ke – 2
No
|
Contoh instrumen
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
|
1
|
Buatlah gambar magnet batang dan
magnet jarum
|
30
|
||
2
|
Sebutkan 3 cara membuat magnet
|
- Induksi
- Gosokan
- Elektromagnet
|
30
|
|
3
|
Sebutkan 2 contoh peralatan yang
menggunakan magnet !
|
-Tutup kotak pensil
-Dinamo sepeda
|
40
|
|
·
Soal Pos test
Pertemuan ke – 2
No
|
Contoh instrumen
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Sebutkan macam-macam bentuk magnet
buatan
|
Magnet batang, jarum, magnet
ladam, magnet U, magnet silinder.
|
30
|
2
|
Apa yang dimaksud dengan
elektromagnet dalam pembuatan magnet ?
|
Membuat magnet
dengan cara mengaliri arus listrik.
|
30
|
3
|
Sebutkan 4 contoh alat yang
menggunakan magnet
|
Speaker, dinamo sepeda, mikrofon,
pengait tutup kotak pensil.
|
40
|
Nilai
= Jmlh skor yang diperoleh x 100
Jmlh skor maksimal
· Penilaian individu
Teknik : tes tulis
Bentuk : uraian
Contoh Instrumen
NO
|
SOAL
|
BOBOT
|
SKOR
|
NILAI
|
1
|
Sebutkan
sifat-sifat magnet
|
20
|
||
2
|
Jelaskan
arti dari benda magnetis dan benda non magnetis
|
20
|
||
3
|
Buatlah
gambar macam-macam bentuk magnet alam.
|
20
|
||
4
|
Sebutkan 3 cara membuat magnet
|
20
|
||
5
|
Sebutkan 3 alat yang menggunakan
magnet
|
20
|
||
Jumlah
|
100
|
Kunci
Jawaban
1.
Mempunyai 2 kutub
Dapat menarik
benda-benda tertentu
Dapat
menembus benda-benda tertentu
2. Benda magnetis adalah benda-benda
yang dapat ditarik oleh magnet
Benda non magnetis adalah benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet
Benda non magnetis adalah benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet
3. Bentuk-bentuk magnet
a. Magnet batang
b.
Magnet silinder / tabung
c.Magnet silinder
/ tabung
d.
Magnet U
e.Magnet ladam /
tapal kuda
4. - Induksi
- Gosokan
-
elektromagnet
5. Speaker,
dinamo sepeda, mikrofon, pengait tutup pensil.
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh X 100
jumlah skor maksimal
· Penilaian kelompok (
diskusi )
Instrument evaluasi :
- Jelaskan secara singkat urutan membuat magnet dengan cara :
a.
Induksi
b.
Gosokan
c.
Elektromagnet
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitatif
|
Kuantitatif
|
1.
Kemampuan mengidentifikasi
masalah
|
||
2.
Kemampuan merumuskan masalah
|
||
3.
Kemampuan menganalisis masalah
|
||
4.
Kemampuan memecahkan masalah
|
||
5.
Kemampuan mengemukakan pendapat
dan menghargai pendapat orang lain
|
||
6.
Keaktifan
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
>
80
|
Baik
|
3
|
68
- 79
|
Cukup
|
2
|
56
- 67
|
Kurang
|
1
|
<
55
|
H.
Sumber Belajar dan Media
Pembelajaran
a. Media Pembelajaran
- Magnet
- Gambar bentuk-bentuk magnet
- Benda-benda yang dapat
ditolak dan ditarik magnet (paku, plastik, dll)
b. Sumber belajar
- Rahmat , dkk. 2004.
Sains
kelas 5 SD. Bandung. Ganeca Exact
- Departemen Agama. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata
Pelajaran Umum Tingkat Sekolah Dasar [ SD] dan Madrasah Ibtidaiyah [MI].
Surabaya
: Departeman Agama Propinsi Jawa Timur
- Tim KKMI / KKG MI Kabupaten Madiun.2012. Lembar Uji
kompetensi Umum Kelas
5 SD. Madiun.
- Haryanto,
2007.SAINS V SD.Jakarta.Penerbit
Erlangga
- Sri Harmi, 2008.Lebih Akrab
Dengan IPA 5.Solo.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
- S Rositawaty. 2008. Senang
Belajar IPA 5 Untuk Kelas 5 SD. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
Mengetahui Madiun,07 Januari 2014
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Ma’ruf Ahmadi , S.Pd.I Ulis Wawinarti , S.Si
NIP. 197202231996031001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar