RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : MI Nuruddinil Islam
Kelas/Semester : V/ 1
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Jumlah Pertemuan : (2 x pertemuan)
Standar
Kompetensi:
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh
manusia dan hewan
Kompetensi
Dasar:
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ
pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
A.
Indikator :
-
Menyebutkan alat pernafasan berbagai jenis hewan
-
Menyebutkan organ-organ pernafasan pada hewan
-
Menjelaskan fungsi masing-masing organ pernafasan hewan
-
B. Tujuan
Pembelajaran :
o Siswa
dapat menyebutkan
bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
o Siswa
dapat memahami
istilah dari
o Siswa
dapat mendeskripsikan
alat pernapasan hewan
C.Materi Pokok
Pernapasan hewan
Ringkasan Materi
Seperti
halnya pada manusia, hewan juga memiliki alat pernapasan, ada beberapa jenis alat pernapasan pada hewan yang
tentunya berbeda satu danainnya. Kucing, sapi, dan kerbau bernapas dengan
paru-paru sedangkansebagian besar jenis ikan bernapas dengan insang. Lain
halnya dengan seranggayang bernapas dengan trakea. Tahukah kamu dengan apa
cacing tanahbernapas?
a. Ikan
Ikan
bernapas dengan menggunakan insang. Alat pernapasan ikan initerdapat di sebalah
kanan dan kiri kepalanya serta dilindungi oleh tutupinsang. Insang terdiri dari
rigi-rigi insang, lengkung insang, dan lembarinsang. Kotoran-kotoran yang masuk
bersama air akan disaring oleh rigi-rigi insang. Lembar insang berwarna merah
dan berbentuk seperti sisir.Warna merahnya ini diakibatkan karena lembar insang
banyak mengandungpembuluh darah.
b.
Burung
Burung
bernapas dengan paru-paru. Selain paru-paru, pernapasan padaburung juga dibantu
oleh pundi-pundi (kantong) udara. Pundi-pundi udaraini merupakan alat bantu
pernapasan, terutama pada saat terbang. Padasaat terbang, burung menyimpan
udara di dalam pundi-pundi tersebut.
Pada
saat burung tidak terbang, pernapasannya dilakukan dengan caramenghirup udara
melalui hidung, tenggorok, paru-paru, dan pundi-pundiudara. Pada paru-paru
inilah terjadi pengikatan oksigen dan pelepasankarbon dioksida serta uap air.
Pada saat terbang, burung bernapas dengan
cara
mengalirkan udara yang ada di dalam pundi-pundi udara melaluigerakan sayapnya.
Gerakan kedua sayapnya inilah yang menyebabkan pundi-pundi udara mengembang dan
mengempis sehingga udara dapat masuk ke dalam paru-paru.
c.
Serangga
Untuk
melakukan proses pernapasan, serangga menggunakan trakeasebagai alat
pernapasanyan. Trakea merupakan pembuluh-pembuluh halusyang bercabang-cabang
dan tersebar ke seluruh tubuh. Pada ujungpembuluh ini terdapat lubang-lubang
pernapasan yang disebut stigma.Stigma terletak di sepanjang kedua sisi tubuh
serangga dan berfungsi sebagaijalan keluar dan masuknya udara. Jadi, pada
serangga pernapasan dimulaidengan masuknya udara melalui stigma, kemudian udara
tersebut dialirkan ke
seluruh tubuh oleh trakea.
d.
Cacing
Cacing
yang merupakan hewan yang tidak memiliki alat pernapasankhusus seperti halnya
pada hewan lainnya. Cacing bernapas denganpermukaan kulitnya. Udara yang berada
di sekitar cacing, yaitu berupaoksigen akan masuk ke dalam tubuh cacing melalui
permukaan kulitnya yang
lembap. Kulit yang lembap ini selain mempermudah masuknya oksigenke dalam
tubuh, juga memudahkan keluarnya karbon dioksida yang merupakan zat sisa pernapasan.
D. Alokasi
Waktu
5 x 35 menit
Organ Pernapasan
Pada Hewan
E. Metode
Pembelajaran
- Praktikum
- Diskusi
kelompok
F. Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
|
||||||
Pertemuan
ke-1 ( 3x 35 menit )
|
|||||||
Apersepsi
dan Motivasi:
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan
membacakan indikator pencapaian kompetensi
o Memahami peta konsep tentang alat
pernapasan pada hewan
|
(5 menit)
|
||||||
·
Eksplorasi
- Siswa dapat mendeskripsikan alat pernapasan hewan
- Memahami istilah dari
- Memahami
proses pernapasan pada:
-
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- Memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
·
Elaborasi
-
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna.
-
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut.
-
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok.
-
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·
Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||||
Pertemuan
ke- 2( 2x35 menit )
|
|
||||||
a. Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi:
-
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator pencapaian kompetensi
-
Memahami
peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan
- Guru memberikan
kilas balik tentang apa yang telah dipelajari dari materi sebelumnya dengan
beberapa pertanyaan. Selanjutnya guru mengarahkan siswa tentang fungsi
masing-masing organ pernafasan hewan
- Guru membagi siswa menjadi
beerapa kelompok.
a.
Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
- Guru dibagi menjadi
beberapa kelompok
-
Setiap
kelompok melakukan pengamatan yentang alat pernafasan berbagai jenis hewan
·
Elaborasi
-
Setelah
semua kelompok selesai melakukan pengamatan guru meminta perwakilan kelompok
untuk menjelaskan fungsi organ-organ pernafasan berbagai jenis hewan
-
Kelompok
lain memberikan tanggapan dan memberikan beberapa pertanyaan
·
Konfirmasi
-
Guru
memberikan tanggapan tentang Tanya jawab antar kelompok dan memberikan penegasan
tentang fungsi organ-organ pernafasan berbagai jenis hewan
b.
Kegiatan Akhir
1. Siswa mencatat hasil kesimpulan diskusi
2. Guru meminta siswa
mengumpulkan hasil kesimpulan tentang fungsi organ-organ pernafasan berbagai
jenis hewan
3. Evaluasi ( soal quis )
|
10 menit
50 menit
10 menit
|
||||||
|
|
G.Penilaian:
- tes tulis
- kuis
- pengamatan
Contoh
soal kuis
1.Pada saat terbang burung bernapas dengan
bantuan apa ?
2. Sebutkan 3 contoh hewan yang bernapas dengan trakhea !
3. Sebutkan 3 contoh hewan yang bernapas dengan insang !
4. Apa nama alat pernapasan yang dimiliki oleh cacing ?
Kunci Jawaban
1.
Pundi-pundi udara
2.
Kupu-kupu, belalang, ulat,
caoung
3.
Ikan, cumi-cumi, gurita,
kerang.
Nilai = Jmlh
skor yang diperoleh x 100
Jmlh skor maksimal
H. Media Belajar dan Sumber Belajar
a.Media / Alat :
-
Gambar
bermacam - macam pernapasan hewan
|
|
-
Gambar
alat pernapasan manusia
|
|
|
|
|
|
b.Sumber Belajar
- Rahmat , dkk. 2004. Sains kelas 5 SD. Bandung. Ganeca
Exact
- Departemen Agama. 2006. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Umum Tingkat Sekolah Dasar [ SD]
dan Madrasah Ibtidaiyah [MI]. Surabaya : Departeman Agama Propinsi
Jawa Timur
- Tim
KKMI / KKG MI Kabupaten Madiun.2013. Lembar Uji kompetensi Umum Kelas 5 SD. Madiun.
- Haryanto,2007.SAINS V SD.Jakarta.Penerbit Erlangga
Mengetahui
Kepala
Madrasah
Ma’ruf Ahmadi, S.Pd.I
NIP. 197202231996031001
|
|
Madiun, 15 Juli 2013
Guru Mata Pelajaran
Ulis Wawinarti, S.Si
|
Harrah's Casino North Kansas City
BalasHapusHarrah's North Kansas 배팅 City 실시간배팅 Casino features more mini billiards table than 1,000 slots, 21 table games and over 300 table games. 바카라사이트 The casino also 인스타셀럽 has over 3,000 slot machines,
Harrah's Resort Atlantic City - JTM Hub
BalasHapusHarrah's Resort Atlantic City. Atlantic City, 포천 출장안마 New Jersey · See 포항 출장마사지 maps and reviews on JM-Web. 강원도 출장샵 Harrah's Atlantic 목포 출장안마 City's. 삼척 출장마사지