Jumat, 09 Mei 2014

Rpp IPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  Satuan Pendidikan : MI Nuruddinil Islam
Kelas/Semester        : V/ 1
                                      Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam
                                      Jumlah Pertemuan  :  (2 x pertemuan)


Standar Kompetensi:
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

Kompetensi Dasar:
1.2  Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.

A.    Indikator :
-       Menyebutkan alat pernafasan berbagai jenis hewan
-       Menyebutkan organ-organ pernafasan pada hewan
-       Menjelaskan fungsi masing-masing organ pernafasan hewan
-        
B. Tujuan Pembelajaran :
o   Siswa dapat menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
o   Siswa dapat memahami istilah dari
o   Siswa dapat mendeskripsikan alat pernapasan hewan

      C.Materi Pokok
                  Pernapasan hewan

Ringkasan Materi
Seperti halnya pada manusia, hewan juga memiliki alat pernapasan, ada beberapa jenis alat pernapasan pada hewan yang tentunya berbeda satu danainnya. Kucing, sapi, dan kerbau bernapas dengan paru-paru sedangkansebagian besar jenis ikan bernapas dengan insang. Lain halnya dengan seranggayang bernapas dengan trakea. Tahukah kamu dengan apa cacing tanahbernapas?
a. Ikan
Ikan bernapas dengan menggunakan insang. Alat pernapasan ikan initerdapat di sebalah kanan dan kiri kepalanya serta dilindungi oleh tutupinsang. Insang terdiri dari rigi-rigi insang, lengkung insang, dan lembarinsang. Kotoran-kotoran yang masuk bersama air akan disaring oleh rigi-rigi insang. Lembar insang berwarna merah dan berbentuk seperti sisir.Warna merahnya ini diakibatkan karena lembar insang banyak mengandungpembuluh darah.
b. Burung
Burung bernapas dengan paru-paru. Selain paru-paru, pernapasan padaburung juga dibantu oleh pundi-pundi (kantong) udara. Pundi-pundi udaraini merupakan alat bantu pernapasan, terutama pada saat terbang. Padasaat terbang, burung menyimpan udara di dalam pundi-pundi tersebut.
Pada saat burung tidak terbang, pernapasannya dilakukan dengan caramenghirup udara melalui hidung, tenggorok, paru-paru, dan pundi-pundiudara. Pada paru-paru inilah terjadi pengikatan oksigen dan pelepasankarbon dioksida serta uap air. Pada saat terbang, burung bernapas dengan
cara mengalirkan udara yang ada di dalam pundi-pundi udara melaluigerakan sayapnya. Gerakan kedua sayapnya inilah yang menyebabkan pundi-pundi udara mengembang dan mengempis sehingga udara dapat masuk ke dalam paru-paru.
c. Serangga
Untuk melakukan proses pernapasan, serangga menggunakan trakeasebagai alat pernapasanyan. Trakea merupakan pembuluh-pembuluh halusyang bercabang-cabang dan tersebar ke seluruh tubuh. Pada ujungpembuluh ini terdapat lubang-lubang pernapasan yang disebut stigma.Stigma terletak di sepanjang kedua sisi tubuh serangga dan berfungsi sebagaijalan keluar dan masuknya udara. Jadi, pada serangga pernapasan dimulaidengan masuknya udara melalui stigma, kemudian udara tersebut dialirkan ke seluruh tubuh oleh trakea.
d. Cacing
Cacing yang merupakan hewan yang tidak memiliki alat pernapasankhusus seperti halnya pada hewan lainnya. Cacing bernapas denganpermukaan kulitnya. Udara yang berada di sekitar cacing, yaitu berupaoksigen akan masuk ke dalam tubuh cacing melalui permukaan kulitnya yang lembap. Kulit yang lembap ini selain mempermudah masuknya oksigenke dalam tubuh, juga memudahkan keluarnya karbon dioksida yang merupakan zat sisa pernapasan.



      D. Alokasi Waktu
         5 x 35 menit

Organ Pernapasan Pada Hewan
E. Metode Pembelajaran
- Praktikum
- Diskusi kelompok
      F. Langkah-Langkah Pembelajaran



Pertemuan ke-1 ( 3x 35 menit )
  1. Kegiatan Awal
     Apersepsi dan Motivasi:
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator pencapaian kompetensi
o   Memahami peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
-       Siswa dapat mendeskripsikan alat pernapasan hewan
-   Burung
-   Reptil
-   Amfibi
-   Ikan
-   Serangga
-   Cacing
-   Mamalia

-       Memahami istilah dari
-   Pundi-pundi
-   Labirin
-   Stigma

-       Memahami proses pernapasan pada:
-   Burung
-   Reptil
-   Amfibi
-   Ikan
-   Serangga
-   Cacing
-   Mamalia


-       Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-       Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
·         Elaborasi
-       membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
-       memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
-       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
-       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         Konfirmasi
-    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
Pertemuan ke- 2( 2x35 menit )


a.      Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi:
-       Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator pencapaian kompetensi
-       Memahami peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan
-       Guru memberikan kilas balik tentang apa yang telah dipelajari dari materi sebelumnya dengan beberapa pertanyaan. Selanjutnya guru mengarahkan siswa tentang fungsi masing-masing organ pernafasan hewan
-       Guru membagi siswa menjadi beerapa kelompok.

a.         Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
-       Guru dibagi menjadi beberapa kelompok
-       Setiap kelompok melakukan pengamatan yentang alat pernafasan berbagai jenis hewan
·         Elaborasi
-       Setelah semua kelompok selesai melakukan pengamatan guru meminta perwakilan kelompok untuk menjelaskan fungsi organ-organ pernafasan berbagai jenis hewan
-       Kelompok lain memberikan tanggapan dan memberikan beberapa pertanyaan
·         Konfirmasi
-       Guru memberikan tanggapan tentang Tanya jawab antar kelompok dan memberikan penegasan tentang fungsi organ-organ pernafasan berbagai jenis hewan

b.        Kegiatan Akhir
1.      Siswa mencatat hasil kesimpulan diskusi
2.      Guru meminta siswa mengumpulkan hasil kesimpulan tentang fungsi organ-organ pernafasan berbagai jenis hewan
3.      Evaluasi ( soal quis )

10 menit








50 menit













10 menit



G.Penilaian:
- tes tulis
- kuis
- pengamatan

Contoh soal kuis
1.Pada saat terbang burung bernapas dengan bantuan apa ?
2. Sebutkan 3 contoh hewan yang bernapas dengan trakhea !
3. Sebutkan 3 contoh hewan yang bernapas dengan insang !
4. Apa nama alat pernapasan yang dimiliki oleh cacing ?
Kunci Jawaban
1.      Pundi-pundi udara
2.      Kupu-kupu, belalang, ulat, caoung
3.      Ikan, cumi-cumi, gurita, kerang.

Nilai =   Jmlh skor yang diperoleh x 100
            Jmlh skor maksimal

H.  Media Belajar dan Sumber Belajar
a.Media / Alat :

-       Gambar bermacam - macam pernapasan hewan

-       Gambar alat pernapasan manusia






b.Sumber Belajar
-  Rahmat , dkk. 2004. Sains kelas 5 SD. Bandung. Ganeca Exact
-  Departemen Agama. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Umum Tingkat Sekolah Dasar [ SD] dan Madrasah Ibtidaiyah [MI]. Surabaya : Departeman Agama Propinsi Jawa Timur
-  Tim KKMI / KKG MI Kabupaten Madiun.2013. Lembar Uji kompetensi Umum Kelas 5 SD. Madiun.
-  Haryanto,2007.SAINS  V SD.Jakarta.Penerbit Erlangga









Mengetahui
Kepala Madrasah



Ma’ruf Ahmadi, S.Pd.I
NIP. 197202231996031001


Madiun, 15 Juli 2013
Guru Mata Pelajaran



Ulis Wawinarti, S.Si



2 komentar:

  1. Harrah's Casino North Kansas City
    Harrah's North Kansas 배팅 City 실시간배팅 Casino features more mini billiards table than 1,000 slots, 21 table games and over 300 table games. 바카라사이트 The casino also 인스타셀럽 has over 3,000 slot machines,

    BalasHapus
  2. Harrah's Resort Atlantic City - JTM Hub
    Harrah's Resort Atlantic City. Atlantic City, 포천 출장안마 New Jersey · See 포항 출장마사지 maps and reviews on JM-Web. 강원도 출장샵 Harrah's Atlantic 목포 출장안마 City's. 삼척 출장마사지

    BalasHapus