(RPP)
Satuan Pendidikan : MI Nuruddinil Islam
Kelas/Semester : VI / 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah
Pertemuan : 2 x
pertemuan
Standar Kompetensi:
1. Memahami
hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
Kompetensi Dasar:
1.1 Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak,
bebek) dan lingkungan hidupnya
A. Indikator
1. Menyebutkan contoh
hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya:
kelelawar dan cicak
2.
Menyebutkan contoh hewan
tertentu yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya (Kelelawar,
Cicak, Unta)
3.
Menjelaskan ciri-ciri
khusus yang dimiliki hewan tertentu (Kelelawar, Cicak, Unta)
4.
Menjelaskan hubungan
antara ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu dengan tempat hidupnya
B.
Tujuan
Pembelajaran :
1.Siswa dapat memahami peta konsep tentang
makhluk hidup
2.Siswa dapat mempelajari ciri khusus:
- Alat
pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi).
- Kaki
lengket pada cecak dan tokek.
- Lidah
yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut.
- Punuk
pada unta.
- Mata
dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
- Semburan
air ikan pemanah.
- Mempelajari
bentuk sederhana bunga
karang (koral).
Karakter siswa yang
diharapkan: Disiplin (discipline)
Rasa hormat dan perhatian (respect )
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
C.
Materi Pokok
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.
Ringkasan Materi
Peta Konsep
Makhluk hidup memiliki ciri khusus untuk dapat melangsungkan hidupnya.
1.
Kelelawar
Memiliki sistem sonar yang dapat menentukan arah gerak dan letak benda walaupun kondisi
lingkungan yang gelap.Kelelawar
banyak dijumpai di gua yang sangat gelap. Untuk dapat terbang dengan arah yang
benar, kelelawar menggunakan sistem sonar. Kelelawar mengeluarkan bunyi dengan
frekuensi yang tinggi (bunyi ultrasonik) sebanyak mungkin. Kemudian, ia mendengarkan
bunyi pantul tersebut dengan indra pendengarannya. Dengan cara itu, kelelawar
dapat mengetahui letak suatu
benda dengan
tepat, sehingga kelelawar mampu terbang dalam keadaan gelap tanpa menabrak
benda-benda di sekitarnya. Kemampuan kelelawar mengetahui lingkungan sekitarnya
dengan menggunakan sistem sonar dikenal dengan istilah ekolokasi. Ciri khusus
lain dari kelelawar adalah kemampuan
terbangnya. Hewan mamalia ini dapat terbang karena memiliki selaput kulit yang
tipis terdapat di antara tulang lengannya. Ciri
lain yang
dimiliki hewan ini, yaitu posisi tidur pada siang hari dengan cara menggantung
dan posisi badan yang terbalik.
2.
Cicak
Memiliki kemampuan memutuskan ekor, dapat merayap di dinding dengan kaki yang beralur sejajar, serta lidah yang panjang untuk menangkap mangsanya.
Cicak
termasuk hewan melata. Cicak dapat merayap di dinding tanpa terpeleset. Hal ini
karena cicak memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan sistem perekat.
Sistem perekat ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur pararel. Dengan alur
yang dimiliki, memungkinkan cicak dapat menempelkan kakinya di dinding dan
berjalan tanpa terpeleset.
3.
Bebek
Dapat berenang di air karena ciri
khusus pada kakinya yang berselaput.
4.
Unta
Dapat hidup di lingkungan yang panas karena
ciri khusus yang dimilikinya mulai dari punuk untuk menyimpan sari makanan,
bulu mata yang panjang untuk menghalangi debu, kaki dan telapak kaki yang tebal
supaya tidak terperosok di pasir serta berjalan di pasir yang sangat panas.
5.
Burung Hantu
Memiliki penglihatan dan pendengaran yang
tajam
6.
Bunga
Karang
Memperoleh
makanan melalui air yang melewati lubang disisi bagian tubuhnya.
D.
Alokasi
Waktu
5 x 35 menit
E.
Metode Pembelajaran
-
Tanya
jawab
-
Eksperimen
-
Penugasan
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke-1( 2 x 35 enit )
|
|
a.
Kegiatan pendahuluan ( 10 menit )
Apersepsi
dan motivasi :
- Salam,doa, presensi
- Menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan
- Guru memberikan
pertanyaan seputar ciri khusus hewan.
- Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dan memberi tugas pada setiap kelompok.
|
10 menit
|
b.
Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
:
-
Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
- Mempelajari
alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
- Memancarkan bunyi dari mulutnya
- bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda
disekitarnya,
- selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan
jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
- Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
- Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa
struktur seperti rambut yang lengket
- Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
-
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; danugas tertentu.
- memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, lapangan atau tugas tertentu.
Elaborasi :
-
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
-
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut
-
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok
Konfirmasi :
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
-
Memberikan
umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada
peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
-
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik
melalui sumber buku lain.
-
Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan
- Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi ciri khusus
pada hewan.
|
50 menit
|
c.
Kegiatan Penutup
o Memberikan kesimpulan
- Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan
memanfaatkan pantulan bunyi
-
Cecak
dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
- Bunglon dan landak semut menangkap
mangsanya dengan lidah
- Peserta didik dan guru
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
- Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi ciri khusus hewan
dan mengerjakan soal-soal latihan yang belum terselesaikan
di kelas .
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan
ke-2 ( 3 x 35 menit)
|
|
a.
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
o Salam , doa, presensi
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
|
(15 nit)
|
b.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, :
· Siswa dapat meminta kembali tugas pada
pertemuan sebelumnya
· Mempelajari Punuk pada unta.
- Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada
yang dua punuk
- Punuk berisi lemak untuk menyimpan cairan
- Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit
mengeluarkan kotoran
· Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
- Kedua mata burung terletak di bagian depan
kepala, memiliki leher yang lentur
- Pendengarannya sangat tajam untuk
menentukan lokasi mangsanya.
· Mempelajari Semburan air ikan pemanah.
- Menyemburkan air pada hewan yang sedang
bergantung
· Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
- Menempel didasar laut dan menunggu
datangnya mangsa.
Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, :
· memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis.
· memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok
· memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, :
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(80 enit)
|
c.
Kegiatan Penutup
Memberikan kesimpulan :
- Unta memiliki punuk untuk menyimpan lemak
- Burung hantu menggunakan mata dan telinga
untuk mecari mangsa
- Ikan pemanah menyemburkan air untuk
menangkap mangsanya.
- Bunga karang menempel di dasar laut dan
menunggu datangnya mangsa
|
(10 menit)
|
G.
Penilaian:
- Pre tes
- Post tes
- Diskusi
- Pengamatan
- Tes tulis
·
Soal Pretest
Pertemuan ke – 1
No
|
Contoh
instrumen
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Apa yang dimaksud dengan ciri
khusus ?
|
Ciri yang dimiliki oleh hewan
tertentu dan tidak dimiliki oleh hewan lain
|
50
|
2
|
Sebutkan 2 contoh hewan yang
memiliki ciri khusus !
|
Kelelawar, cicak
|
50
|
|
|
|
|
·
Soal Pos test
Pertemuan ke – 1
No
|
Contoh
instrumen
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Mengapa hewan memiliki ciri khusus
?
|
Untuk mencari makanan dan
menyelamatkan diri.
|
50
|
2
|
Apa ciri khusus yang dimiliki oleh
cicak ?
|
Memiliki kaki
perekat untuk berjalan di atap dan dinding
|
50
|
·
Soal Pretest
Pertemuan ke – 2
No
|
Contoh
instrumen
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Sebutkan contoh hewan selain cicak
dan kelelawar yang memiliki ciri khusus ?
|
Unta , burung hantu, ikan pemanah,
bungakarang, dll
|
50
|
2
|
Mengapa unta memiliki punuk di
punggungnya ?
|
Untuk menyimpan cadangan makanan air
|
50
|
|
|
|
|
·
Soal Pos test
Pertemuan ke – 2
No
|
Contoh
instrumen
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Sebutkan ciri khusus yang dimiliki
oleh unta dan burung hantu !
|
Unta memiliki punuk untuk me
nyimpan cadangan makanan dan air berupa lemak.
Burung hantu memiliki penglihatan
dan pendengaran yang tajam pada malam hari.
|
50
|
2
|
Jelaskan cara bunga karang untuk
mendapatkan makanan !
|
Bunga karang
mendapatkan makanan melalui air yang masuk lewat lubang pada sisi yang ada
dibagian tubuhnya.
|
50
|
Nilai
= Jmlh skor yang diperoleh x 100
Jmlh skor maksimal
·
Format penilaian pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : VI / 1
Materi Pokok : Ciri khusus pada makluk hiduph
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
||||||||
Keaktifan
|
Daya kritis
|
Keberanian
|
||||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
||
1.
|
ATIK HIDAYATI KH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
BINTI
WAFIROH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
HANIF PRASETYO
W
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
IKA
SUSIANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
ILHAM
KUNCOROJATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
INDRA
PUTRA M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
LUCKY
ARDINES
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
MOH ABDUL
WAKHID
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
QOLID
SUMANTRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
ROHMAN
MAULANA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
SISWANTO
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
YOGA
PRATAMA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
SAPNA
MUTIARASARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN :
A = Amat baik,nilai 80-100
B = Baik,nilai 69-79
C = Cukup, nilai 59-68
Kriteria penilaian
-Keaktifan
Nilai A :
Jika siswa aktif mengikuti diskusi dan bisa menghidupkan diskusi
Nilai B :
Jika siswa aktif mengikuti diskusi dengan sungguh-sungguh tetapi pasif
Nilai C :
Jika siswa mengikuti diskusi tetapi tidak sungguh-sungguh
- Kerjasama
Nilai A :
Jika siswa mau bekerjasama untuk memecahkan masalah yang dihadapi kelompok
serta mau menghargai pendapat orang lain
Nilai B :
Jika siswa mau bekerjasama tetapi tidak bisa menghargai pendapat orang lain
Nilai C :
Jika siswa tidak mau bekerjasama dengan anggota kelompoknya
- Keberanian
Nilai A :
jika siswa berani mengajukan pendapat dan sanggahan tanpa disuruh
Nilai B :
Jika siswa berani mengajukan pendapat dan sanggahan karena disuruh
Nilai C :
Jika siswa tidak berani mengajukan pendapat
H.Sumber Belajar dan Media
Pembelajaran
a. Media Pembelajaran
- gambar beberapa hewan dengan ciri khususnya
- kaktus, enceng gondok, dll
b. Sumber belajar
- Departemen Agama. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata
Pelajaran Umum Tingkat Sekolah Dasar [ SD] dan Madrasah Ibtidaiyah [MI].
Surabaya
: Departeman Agama Propinsi Jawa Timur
- Tim KKMI / KKG MI Kabupaten Madiun.2013. Lembar Uji kompetensi Umum Kelas 6 SD. Madiun.
- Haryanto,
2007.SAINS VI SD.Jakarta.
Penerbit Erlangga
- Dwi Suhartanti, dkk.
2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas VI SD/MI. Jakarta. Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
- Sri
Harmi, 2013 . Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas VI SD/MI .Solo.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Mengetahui Madiun , 17 Juli 2013
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Ma’ruf
Ahmadi , S.Pd.I Ulis Wawinarti , S.Si
NIP. 197202231996031001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar